Kamis, 16 Februari 2017

“Mebed” Salah Satu Proses Penting Dalam Pembuatan Kain Endek.

 
“Mebed” Salah Satu Proses Penting Dalam Pembuatan Kain Endek.



Kain merupakan bahan dasar dari pembuatan pakaian, tas, sepatu, lena dapur, taplak meja, dan berbagai jenis benda lainnya. Berbagai jenis kain yang memiliki berbagai macam motif memang menjadi trend saat ini. Salah satu kain yang keberadaannya tidak dipungkiri trendnya dikalangan masyarakat yaitu kain endek. Endek adalah kain tradisional yang dijadikan sebagai kamen atau pakaian adat ke pura oleh masyarakat hindu di Bali. Walaupun merupakan kain tradisional namun di jaman globalisasai ini endek masih menjadi trendcenter di kalangan masyarakat luas. Penggunanya pun tidak terbatas mulai dari anak-anak, remaja, dewasa bahkan orang tua masih sangat tertarik menggunakan kain tradisional ini.

Bukan hanya dijadiakan pakaian adat ke pura, dengan kreativitas yang tumbuh dari insan perancang, endek bisa dirubah menjadi dress yang begitu anggun, tidak berakhir pada dress motif yang menarik pada kain endek juga menjadikan beberapa kalangan menjadikan endek sebagai uniform pegawai suatu perusahaan, dan beberapa sekolah juga menggunakan endek sebagai pakain seragam guru maupun siswanya.

Keindahan kain endek akan muncul karena tangan-tangan pengrajin endek yang masih menggunakan alat manual, dimana proses pembuatannya masih sangat sederhana dan tradisional. Tahukah kalian bagaimana motif yang indah itu bisa muncul ? benar sekali  pembuatan motif pada endek masih dilakukan dengan teknik tradisional tanpa mesin apapun yang dikenal dengan teknik “mebed”.
Mebed adalah proses pembentukan motif secara manual pada kain, dilakukan dengan mengikat benang dengan tali plastik sesuai dengan motif yang telah ditentukan. Teknik mebed ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang memang benar-benar ahli dalam bidang ini, karena pembuatan motif ini memerlukan konsentrasi dan ketelitian yang serius untuk menghasilkan hasi motif(bebedan) yang indah seperti yang kita lihat pada kain endek. Tujuan dari mebed ini adalah menutupi bagian kain yang akan diberi motif agar pada saat pencelupan motif tidak terkena zat pewarna. dibawah ini adalah salah satu contoh hasil motif kain dari teknik mebed.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar